Web Belajar Coding dan Pemrograman Terbaik

Web Belajar Coding dan Pemrograman Terbaik
','

' ); } ?>

Coding merupakan kegiatan pemrograman komputer yang bertujuan untuk memberi komputer perintah. Coding sering juga diartikan sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan komputer. 

Di era teknologi industri yang semakin canggih seperti sekarang ini, Anda bisa memulai belajar Coding dan pemrograman melalui komputer pribadi Anda! Berbagai cara bisa Anda gunakan untuk belajar terutama sebagai pemula (klik untuk lihat panduan belajar coding bagi pemula), salah satunya dengan ilmu dari website. 

Alasan Belajar Coding dan Pemrogaman Penting

1. Peluang kerja lebih luas

Saat ini dibutuhkan talenta digital di bidang IT diberbagai perusahaan dikarenakan dianggap kompenen penting. Seiring dengan perkembangan teknologi, hal ini ditandai dengan perubahan aktivitas yang sebelu,mua secara konvensional dan sekarang hampir semua beralih menjadi berbagai platform digital. Oleh karena itu, seorang yang memiliki kemampuan coding sangatlah dibutuhkan dalam pembuatan aplikasi atau software. Dengan memiliki kemampuan coding dan programming ter-update sesuai kebutuhan maka seseorang akan dicari oleh banyak perusahaan.

2. Mengasah kemampuan problem solving

Kemampuan dasar ini sangat penting dalam coding. Coding adalah salah satu permainan logika yang bertujuan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Seorang programmer diharuskan untuk mempunyai pemahaman dan Analisa yang baik terhadap penyelesaian suatu masalah (problem solving). Dengan belajar coding maka akan mengasah kemampuan untuk mengasah logika dan penyelesaian masalah.

3. Mempercepat jenjang karir

Mendapatkan jenjang karir yang baik dengan pendapatan lebih besar tentunya menjadi impian bagi setiap orang. Hal ini dapat terwujud apabila kamu memiliki pengetahuan dan keterampilan lebih tentang coding. Misalnya, jika kamu masuk sebagai karyawan biasa di suatu perusahaan, namun secara bersamaan perusahaan kamu sedang membutuhkan seorang programmer untuk membuat aplikasi. Nah, kamu pun dapat mengambil kesempatan ini untuk menaikan jenjang karir kamu untuk menjadi seorang programmer di perusahaan tersebut.

4. Menghasilkan lebih banyak uang

Kesuksesan secara finansial memang menjadi salah satu tujuan setiap orang atas keterampilan yang dimiliki. Saat ini perusahaan berlomba-lomba mencari talent yang memiliki kemampuan coding. Dengan kemampuan coding yang dimiliki, Anda meraih posisi di perusahaan dengan gaji yang tinggi.  Kemampuan coding juga bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan di sela pekerjaan utama. Hal ini dapat membuat kamu akan mendapat pendapatan lebih banyak dan tinggi.

Rekomendasi Web Belajar Coding dan Pemrograman

Berikut daftar Web Belajar Coding dan Pemrograman Terbaik yang bisa anda kunjungi untuk belajar coding dan pemrograman:

1. FreeCodeCamp

Free Code Camp adalah organisasi nirlaba yang menyediakan beberapa informasi dan alat paling berharga bagi programmer dan pengembang. Terdapat sejumlah blog, tips, dan materi berkualitas bagi pemrogram pemula untuk berlatih dan mengembangkan kemampuan pengkodean mereka.

Beberapa materi online mereka termasuk platform web pembelajaran interaktif untuk berlatih, hingga pengembangan web menggunakan bahasa pemrograman seperti CSS dan JavaScript. Untuk mencapai hasil yang diperlukan, ada beberapa tugas dan latihan soal yang dapat Anda kerjakan sendiri atau bersama-sama.

Beberapa sertifikasi gratis tersedia di situs web mereka. Antara lain sistem desain web responsif, algoritme JavaScript dan struktur data, perpustakaan pengembangan front-end, visualisasi data dan ilmu data, analisis data Python, dan keamanan informasi, API dan layanan mikro, pembelajaran mesin Python.

2. Codecademy

Sumber: Codeacademy.com

Codecademy adalah salah satu web belajar coding dan pemrograman terbaik yang bagus untuk pengembang pemula dan yang ingin meningkatkan kemampuan coding mereka. Codecademy menyediakan sesi interaktif online gratis dalam 12 bahasa pemrograman. Sesi tersebut dapat diikuti untuk bahasa pemrograman Python, Java, Go, JavaScript, Ruby, SQL, C++, C#, Swift, dan Sass, serta bahasa markup HTML dan CSS.

Codeacademy juga menyediakan salah satu platform terbaik untuk belajar coding, dengan serangkaian tugas yang harus diselesaikan untuk bisa lanjut ke langkah berikutnya. Sistem level yang digunakan ini akan membantu Anda dalam meningkatkan pembelajaran.

Anda dapat mengerjakan bahasa pemrograman pilihan Anda sampai Anda mencapai hasil terbaik. Anda belajar dengan memeriksa cuplikan kode dan menjalankan blok kode sendiri. Hal ini memberi Anda interaksi tingkat tinggi untuk eksplorasi dan latihan. Anda akan segera menerima umpan balik yang akan membantu Anda mengoreksi diri sendiri dan belajar lebih efektif.

3. HackerRank

HackerRank adalah salah satu situs web terbaik di internet karena menyediakan banyak sumber daya untuk pengembang baru. Ia memiliki beberapa kursus kilat cepat, seperti tantangan 30 hari untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman bahasa pemrograman.

Berbagai bahasa pemrograman tersedia untuk dipelajari lebih lanjut. HackerRank kemungkinan besar adalah situs web terbaik untuk dipekerjakan oleh sebuah perusahaan. Mayoritas wawancara pengkodean berhasil dilakukan pada platform ini.

HackerRank adalah komunitas untuk pengembang dan bisnis. Sementara programmer mencoba untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian coding mereka dengan mengatasi berbagai tantangan yang dapat diakses di situs web ini, perusahaan secara bersamaan mencari individu terbaik yang dapat menjawab pertanyaan wawancara mereka dan mereproduksi hasil dan hasil terbaik.

4. HackerEarth

sumber: hackerearth.com

HackerEarth menyediakan platform untuk pengembang dan bisnis. Sementara programmer dapat memilih untuk berlatih, belajar, dan membangun berbagai proyek sambil bersaing di sejumlah kompetisi dan tantangan, bisnis sering menggunakan situs web ini untuk evaluasi bakat teknis dan wawancara video jarak jauh.

Ada juga banyak pertanyaan wawancara dan peluang lain untuk mengasah kemampuan pengkodean Anda, seperti kuis latihan dan hackathon di mana Anda dapat bersaing untuk mendapatkan hadiah besar. Anda dapat menguji kemampuan pengkodean umum Anda dan membawa pencapaian pemrograman Anda ke tingkat berikutnya. Jika Anda tertarik, Anda mungkin dipekerjakan oleh salah satu perusahaan perekrutan.

5. GeeksforGeeks

Geek For Geeks adalah salah satu tempat favorit saya untuk menemukan materi secara gratis tentang berbagai bahasa pemrograman dan topik terkait pengkodean lainnya. Ini mencakup artikel ilmu komputer dan pemrograman yang ditulis dengan baik, dipikirkan dengan matang, dan dijelaskan dengan baik, kuis, dan banyak lagi untuk membantu pengguna mendapatkan lebih banyak pengalaman dan meningkatkan kemampuan pengkodean mereka.

Bagian terbaik dari Geek For Geeks adalah Anda selalu dapat menemukan informasi yang relevan tentang tema dan konsep yang tepat yang Anda cari, dan tidak pernah mengecewakan. Jika Anda mencari topik pemrograman tertentu, ada kemungkinan besar Anda akan mendapatkan update, postingan berkualitas tinggi yang berisi kode.

Skrip yang diambil ini tersedia dalam berbagai bahasa pemrograman, termasuk C, C++, Java, Python, dan lainnya. Anda juga dapat menggunakan situs web ini untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pemrograman kompetitif dan untuk berpartisipasi dalam berbagai turnamen. Ini juga mencakup sebagian besar dasar-dasar yang diperlukan untuk penggemar pengembang tingkat awal.

6. Alterra Academy

Alterra Academy, salah satu web belajar coding yang menyediakan kelas belajar coding. Sumber: academy.alterra.id

Alterra Academy adalah salah satu platform untuk mempelajari pemrograman, dengan berbagai bootcamp coding yang disediakan. Berbagai tech talent telah dihasilkan dengan kualitas yang baik, dan terbukti kinerjanya pada banyak start-up unicorn.

Selain itu, Alterra Academy juga menawarkan banyak program yang cocok untuk pemula tanpa background di bidang IT hingga porfessional yang ingin mengasah kemampuan IT mereka.

Bahkan melalui Alterra Academy, Anda mendapat jaminan penempatan kerja setelah menyelesaikan program yang sesuai dengan kemampuan Anda! Oleh karena itu Alterra Academy bisa menjadi salah satu pilihan web belajar coding dan pemrograman terbaik untuk Anda.

7. Codementor

DevProjects adalah komunitas online gratis tempat siapapun dapat belajar coding dengan mengerjakan proyek yang bisa dipilih sendiri. Pengembang dan mentor senior membuat setiap proyek terutama untuk menjembatani kesenjangan pembelajaran antara teori dan praktik. Pengguna dapat membagikan kode mereka dan mendiskusikan proyek dengan rekan dan mentor untuk mendapatkan feedback.

Aspek terbaik dari website ini adalah jika Anda terjebak pada subjek tertentu, Anda akan menerima bantuan dari mentor yang dapat diakses yang akan memungkinkan Anda untuk memecahkan kesulitan Anda dan mendapatkan hasil potensial terbaik.

8. YouTube

Sementara semua sumber lain memberikan materi melalui esai teoritis, akan sangat menarik untuk belajar lebih banyak melalui tampilan visual terutama video. YouTube adalah salah satu media tersebut. YouTube menyediakan kumpulan video pembelajaran yang bisa diakses secara gratis. Anda cukup mencari channel yang sesuai dengan yang anda butuhkan dan menyaksikan video pembelajaran yang tersedia.

Ada banyak channel YouTube yang bisa dipilih untuk mempelajari informasi pemrograman. Untuk mempelajari pemrograman tingkat lanjut tertentu, saya menyarankan Sentdex dan Corey Schafer.

9. GitHub

GitHub adalah salah satu platform paling berguna untuk segala jenis proyek pengkodean. GitHub memberi Anda berbagai kemungkinan. Jika Anda ingin membagikan kode Anda atau menggunakan kode orang lain setelah melakukan forking, ini mungkin tempatnya. Tidak diragukan lagi ini adalah salah satu solusi terbaik yang harus dijelajahi oleh pengembang atau pemrogram mana pun.

Saat memprogram blok kode tertentu, sangat mudah untuk menjadi macet. Kesalahan tidak dapat dihindari saat coding, dan jika Anda tidak dapat menyelesaikannya sendiri, sering kali merupakan ide yang baik untuk mencari bantuan dari spesialis atau penggemar pemrograman lainnya.

10. Stack Overflow

Web belajar coding dan pemrograman terbaik yang terakhir adalah Stack Overflow yang memungkinkan Anda menerima jawaban atas masalah, kekhawatiran, dan pertanyaan Anda. Stack Overflow adalah sebuah layanan yang memungkinkan Anda berkomunikasi dengan profesional pemrograman lain dan memperoleh jawaban yang sesuai untuk pertanyaan dan kekhawatiran Anda. Komunitas ini cukup membantu, dan mereka akan sering terlibat dalam menawarkan solusi selama Anda menunjukkan upaya Anda dalam merumuskan topik dari sudut pandang Anda.

11. Code Avengers

Kursus online ini berasal dari New Zealand. Perusahaan ini mengajarkan audiensnya untuk belajar coding dengan metode permainan yang menarik. Code Avengers juga tersedia permainan website dari berbagai bahasa, di sini Anda akan belajar tentang bahasa pemrograman dengan cara interaktif.

Kesimpulan

Itulah daftar web belajar coding dan pemrograman terbaik yang bisa anda kunjungi untuk belajar coding dan pemrograman.

Selain belajar melalui web tersebut Anda juga bisa mengikuti saluran pemrograman di discord dan slack. Menemukan komunitas yang terlibat sangat bermanfaat karena Anda akan bertemu dengan penggemar coding lain dengan minat yang sama, dan Anda akan dapat belajar lebih banyak dengan bertukar kode.

Terakhir, Anda bisa melihat dan menerapkan tips dan panduan belajar coding untuk pemula dan secara otodidak dari Alterra Academy. Itu dia informasi web belajar coding yang bisa Anda gunakan untuk belajar coding, semoga bermanfaat!

Leave a Reply