Belajar Rust : Pengertian, Sejarah, Fitur, dan Mengapa ia Populer?

Belajar Rust : Pengertian, Sejarah, Fitur, dan Mengapa ia Populer?
','

' ); } ?>

Rust adalah bahasa pemrograman multi-paradigma (bahasa pemrograman yang mendukung pemrograman berorientasi objek dan aspek), dengan tujuan umum yang dirancang untuk kinerja dan keamanan, terutama konkurensi yang aman. Rust secara sintaksis mirip dengan C++, tetapi dapat menjamin keamanan memori dengan menggunakan pemeriksa pinjaman untuk memvalidasi referensi. Untuk Anda yang ingin memulai belajar rust, berikut pengertian, sejarah, dan penggunaan nya sebagai bahan awal pembelajaran Anda. 

Pengertian – Belajar Rust

Bahasa pemrograman Rust merupakan bahasa komputer dengan karakteristik berorientasi objek yang sering dihargai sebagai alternatif dari C++ tradisional. Meskipun secara sintaksis mirip dengan C++, Rust juga memiliki berbagai fitur sendiri yang menjadikannya bahasa pemrograman multi-paradigma yang pada dasarnya mendukung dua pemrograman, baik yang berorientasi objek maupun aspek. Rust mendapatkan banyak perhatian karena kemampuan nya yang cukup unik dan serba bisa, sama halnya seperti Python.

Sejarah – Belajar Rust

Rust dimulai sebagai proyek sampingan milik Graydon Hoare, seorang karyawan di Mozilla. Dalam waktu singkat, Mozilla melihat potensi bahasa baru dan mulai mensponsorinya, sebelum mengungkapkannya kepada dunia pada tahun 2010.

Salah satu kemungkinan sumber nama itu, menurut Hoare, adalah “jamur karat” yang akhirnya menyebabkan pemrogram Rust mengadopsi “Rustaceans” sebagai moniker pilihan mereka.

Meskipun bahasa pemrograman ini tergolong masih baru, Rust terus meningkat di jajaran bahasa pemrograman populer. Bahkan, meskipun peringkat 33 pada Juli 2019, pada Juli 2020 telah naik ke posisi 18 di Indeks Komunitas Pemrograman TIOBE. Demikian pula, menurut Survei Pengembang Stack Overflow, Rust telah menjadi bahasa “paling dicintai” (most beloved programming language) sejak 2016. 

Fitur – Belajar Rust

Sejak awal, Rust fokus pada “safety” (keamanan) dan “performance” (performa) dan salah satu cara utama untuk mencapai fokus ini adalah dengan menekankan konkurensi yang aman. Komputasi konkuren memungkinkan bagian-bagian yang berbeda dari suatu program untuk dieksekusi secara tidak berurutan yang membuka kemungkinan komputasi paralel, di mana banyak tugas dapat diselesaikan secara bersamaan, bukan secara berurutan, dan pada akhirnya, secara signifikan meningkatkan kinerja aplikasi. Karena Rust dirancang berdasarkan prinsip ini, Rust memiliki beberapa keunggulan signifikan dalam bidang kinerja.

Dalam hal sintaks, Rust mirip dengan C dan C++, menggabungkan banyak kata kunci dan perintah dari kedua bahasa. Namun bukan klon langsung, karena Rust memiliki beberapa elemen yang tidak ditemukan di C atau C++.

Rust tidak memiliki pengumpulan “sampah” otomatis dan tidak menggunakan Penghitungan Referensi Otomatis seperti Swift. Sebaliknya, ini dirancang untuk menjadi memori yang aman dengan menggunakan prinsip-prinsip “ownership” dan “borrowing”. Karena tidak menggunakan pengumpulan sampah, ini menjadikan Rust sebagai opsi ideal untuk integrasi dengan C.

Rust pada dasarnya bertujuan untuk mempermudah dalam membangun sistem yang andal dan efisien. Rust menggabungkan kontrol tingkat rendah atas kinerja dengan kenyamanan tingkat tinggi dan jaminan keamanan yang tinggi. 

Rust juga berbeda dari bahasa pemrograman lain berdasarkan sistem tipenya, yang mewakili penyempurnaan dan kodifikasi “praktik terbaik” yang telah dilakukan oleh generasi pemrogram C dan C++. Dengan demikian, Rust memiliki sesuatu untuk ditawarkan baik untuk Programmer berpengalaman maupun pendatang baru. Programmer berpengalaman akan menemukan bahwa mereka menghemat waktu yang mereka habiskan untuk debugging, sedangkan pendatang baru dapat menulis kode tingkat rendah tanpa khawatir tentang kesalahan kecil yang menyebabkan crash misterius.

Fitur-fitur ini telah membantu Rust masuk ke beberapa perusahaan teknologi terbesar, termasuk Firefox, Cloudflare, Dropbox, Yelp, dan lainnya.

Mengapa Rust menjadi sangat populer? 

Menurut Survei Stack Overflow 2020 yang dilakukan di antara hampir 65.000 pengembang, Rust adalah bahasa pemrograman yang paling disukai (most beloved programming language). Pada tahun yang sama, pengembang kernel Linux mengusulkan penulisan kode kernel Linux baru di Rust. Untuk lebih jelasnya, mereka tidak ingin menulis ulang seluruh Kernel, yang awalnya ditulis dalam C, tetapi untuk menambahkan kode baru di Rust yang akan bekerja dengan infrastruktur yang ada. 

Selain itu, Google juga berencana untuk menggunakan Rust di kernel Linux setelah membawa dukungan untuk bahasa pemrograman sistem Rust ke Android. Seluruh operasi ditujukan untuk mengurangi kelemahan keamanan. Microsoft, sementara itu, telah beralih ke Rust untuk mengurangi bug terkait memori di komponen Windows.

Facebook juga telah menjalin hubungan lebih dekat dengan Rust, bergabung dengan Rust Foundation, sebuah organisasi yang dibuat pada tahun 2021 untuk mendorong pengembangan Rust dan menjadikannya “bahasa pilihan utama untuk pemrograman sistem dan seterusnya.” Facebook bergabung dengan Amazon Web Services, Google, Huawei, Microsoft, dan Mozilla dalam menggunakan Rust dalam beberapa kapasitas.

Rust saat ini memiliki basis pengguna yang luas dan overhead yang rendah sebagai manfaat praktis menggunakan Rust, sementara yang lain menunjuk ke berbagai jenis fungsionalitas, seperti kemampuan Rust untuk dikompilasi ke dalam Majelis Web.

Tahun lalu, Rust mewakili pilihan populer bagi para web developers menurut Stack Overflow. Rust juga lebih banyak dipilih karena dengan menggunakan Rust, para web developers cenderung mengurangi resiko kecil  kebocoran memori di dalam penulisan kode mereka.

Selain itu, Rust memiliki pustaka perangkat lunaknya sendiri dan kompiler yang membantu, menurut beberapa pengguna, dan relatif mudah dibaca. Kompiler Rust memiliki lisensi ganda di bawah MIT dan Apache.

Leave a Reply