Belajar React JS: Pengertian, Syarat, Fitur

','

' ); } ?>

Bagaimana cara belajar React JS? Mungkin itu adalah pertanyaan yang muncul ketika ingin membuat aplikasi berbasis web. Pasalnya, React JS memang digunakan untuk kepentingan tersebut. 

Namun, apa sih sebenarnya React JS? Apa saja fitur-fitur dan kelebihannya? Kenapa banyak orang yang ingin belajar React JS? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan Anda dapatkan dari artikel ini. 

Simak selengkapnya melalui poin-poin berikut. Pastikan Anda membaca sampai akhir ya!

Apa Itu React JS?

belajar react JS
React JS

React JS adalah sebuah library milik bahasa pemrograman JavaScript. Biasanya, orang-orang juga menyebut React JS sebagai framework

Sebelumnya, kita sudah pernah membahas tentang React Native, yaitu framework yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile. React Native dan React JS sama-sama berasal dari JavaScript. Namun, React JS digunakan untuk pengembangan aplikasi berbasis web yang menarik dan interaktif.

Sama seperti React Native, React JS juga dikembangkan oleh Facebook. Tepatnya oleh seorang software engineer bernama Jordan Walke. Ia mengembangkan library ini pada tahun 2011. Akhirnya, dua tahun kemudian, React JS dipublikasikan untuk umum dan bersifat open source

Semenjak saat itu, React JS menjadi populer di kalangan developer. Tentunya, hal ini tidak terlepas dari kelebihan-kelebihannya. Kira-kira, apa saja ya keunggulan React JS? Simak pembahasannya melalui poin berikut.

Mengapa Harus Belajar React JS?

React JS adalah library atau framework yang paling populer. Bahkan mengalahkan jQuery, yaitu library dari JavaScript yang sudah rilis terlebih dahulu pada tahun 2006. Hal ini dapat kita lihat dari survey yang dilakukan oleh Stack Overflow.

survey-belajar react js

React JS menempati urutan pertama sebagai web framework yang paling sering digunakan oleh developer. Hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda untuk belajar React JS. Selain itu, React JS juga memiliki kelebihannya sendiri. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mudah Dipelajari dan Digunakan

Anda dapat dengan mudah belajar React JS. Hal ini didukung dengan banyaknya dokumentasi, tutorial, dan sumber-sumber yang tersebar di Internet. Bahkan, tutorial tersebut juga tersedia di situs resmi React JS.

Dibandingkan dengan Angular dan Vue.js, Anda bisa lebih mudah mengerti React JS. Developer yang sudah terbiasa dengan bahasa pemrograman JavaScript pun akan lebih mudah menggunakan library yang satu ini.

Dengan begitu, banyak orang yang menggunakan React JS untuk membuat aplikasi berbasis web. Begitu pula perusahaan-perusahaan. Tidak heran jika akhirnya React JS menjadi sangat populer hingga sekarang.

2. User Interface yang Interaktif

Setiap aplikasi perlu tampilan yang menarik dan interaktif. Begitu juga dengan aplikasi berbasis web. Hal ini akan memberikan poin plus pada aspek UX atau User Experience.

Dengan React JS, Anda dapat mengembangkan aplikasi berbasis web yang menarik dan juga interaktif. Hal ini diwujudkan dengan declarative components pada React JS.

Dengan declarative components, Anda dapat melakukan proses rendering pada komponen tertentu sesuai dengan keinginan Anda.

3. SEO-friendly

Pernah dengar tentang SEO? Jika Anda ingin membuat website yang ada di halaman pertama Google, SEO adalah salah satu hal yang paling penting.

SEO atau Search Engine Optimization adalah cara untuk mengoptimalkan sebuah website agar mendapatkan peringkat yang tinggi di Google. Biasanya, Google menyukai website dengan proses rendering serta page load yang cepat. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan menggunakan React JS sebagai library atau framework Anda.

React JS memiliki proses rendering yang cepat. Hal tersebut membuat page load sebuah website menjadi cepat juga. Sehingga, website tersebut pun bisa mendapatkan peringkat yang tinggi dari Google. 

Nah, kira-kira di atas adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh React JS. Sekarang, Anda perlu mengetahui syarat-syarat untuk belajar React JS yang ada di pembahasan selanjutnya.

Syarat Belajar React JS

Sebelum mempelajari dan menggunakan React JS, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Anda juga perlu memiliki pemahaman dasar pada hal-hal tersebut. Mari kita masuk pada poin yang pertama.

1. HTML

HTML
HTML

HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language. Ini adalah hal yang dibutuhkan untuk membangun sebuah aplikasi berbasis web. HTML digambarkan dengan tanda <>

Contoh penulisan HTML adalah sebagai berikut.

<h1>This is a Heading</h1>

Atau, bisa juga seperti ini:

<p>This is a paragraph</p>

Dilihat dari contoh di atas, HTML adalah penanda awal dan akhir dari sebuah elemen. Kalimat “This is a Heading” dan “This is a paragraph” adalah isi atau konten dari elemen tersebut.

2. CSS

CSS
CSS

Apa itu CSS?

CSS atau Cascading Style Sheets hadir untuk melengkapi HTML. Jika HTML digunakan untuk menyusun format sebuah halaman website, maka peran CSS adalah memberikan style pada halaman tersebut. Contohnya seperti warna dan font.

Contohnya adalah seperti di bawah ini.

<style>

body {background-color:lightblue; text-align:center;}
h1 {color:blue; font-size:36px;}
p {font-family:arial; font-size:20px;}

</style>

3. ES6

ES6
ES6

Pada tahun 2015, bahasa pemrograman JavaScript mendapatkan major update. Versi JavaScript yang baru saat itu akhirnya disebut dengan ECMAScript 2015. 

Namun, orang-orang banyak menyebutnya dengan ECMAScript 6 karena update tersebut muncul setelah versi ke-5 pada tahun 2009. Untuk mempermudah, akhirnya disingkat menjadi ES6.

Beberapa perubahan yang ada di ES6 adalah konsep constants, arrow functions, dan classes.

4. Node.js

Node JS
Node JS

Apa itu Node.js? Anda juga perlu mengetahui hal ini untuk belajar React JS. 

Node.js adalah runtime environment untuk JavaScript. Sifatnya open source dan cross-platform. Node.js memberikan kesempatan bagi JavaScript untuk bekerja pada bagian server

Selain itu, Node.js juga bersifat asinkronus dan event-driven. Artinya, server tidak perlu menunggu API (Application Programming Interface) untuk mengembalikan data. Nantinya, respon dari API tersebut akan diantarkan oleh Event.

Fitur Utama React JS

Untuk belajar React JS, Anda perlu mengetahui fitur-fiturnya. Pada library JavaScript yang satu ini, terdapat dua fitur utama, yaitu sebagai berikut.

1. JSX

JSX adalah Javascript Syntax XML. Sintaksisnya sangat sederhana dan mirip dengan HTML. Nah, React JS menggunakan JSX untuk memberikan gambaran mengenai User Interface atau UI yang dibuat.

Dengan menggunakan JSX, Anda dapat menuliskan struktur HTML pada file yang sama dengan kode-kode JavaScript. Hal ini tentunya menghemat banyak waktu karena Anda tidak perlu membuat file yang berbeda.

2. Virtual DOM

Ketika ada perubahan di sebuah website, maka website tersebut perlu melakukan update terhadap DOM (Document Object Model). Ini juga bisa disebut sebagai proses ketika sebuah perubahan muncul pada layar, tetapi pengguna tidak perlu melakukan refresh secara manual.

Namun, update react DOM memakan banyak waktu dan memori. Akhirnya, muncullah konsep Virtual DOM. Ini merupakan salinan dari DOM yang asli. React JS menggunakan salinan ini untuk melihat bagian mana yang perlu berubah ketika pengguna beraktivitas di website Anda. 

Misalnya, seorang pengguna menambahkan komentar di website Anda. Tanpa React JS, seluruh DOM perlu di-update. Namun, jika Anda menggunakan React JS, proses update hanya perlu dilakukan pada bagian-bagian tertentu saja. Pada contoh ini, hanya bagian komentar yang perlu diperbaharui.

Kesimpulan

Nah, dari pembahasan di atas, dapat kita ketahui bahwa React JS adalah library JavaScript yang sangat populer. Library atau framework yang satu ini tentunya mudah dipelajari dan digunakan. Tidak heran jika banyak developer dan perusahaan yang menggunakan React JS untuk mengembangkan aplikasi berbasis web.

Jika Anda memang tertarik untuk belajar React JS, pastikan Anda memahami lebih dalam tentang HTML, CSS, ES6, dan Node.js. Anda juga perlu mempelajari fitur-fitur utama React JS, yaitu JSX dan Virtual DOM agar proses pembelajaran menjadi lebih mudah.

Sebenarnya, anda bisa belajar React JS secara otodidak. Namun, pembelajaran akan lebih maksimal dengan bimbingan mentor. Contohnya seperti di kelas Mastering Frontend Development with React JS bersama ALTA.id.

Intro Mentor Kelas React
Mastering Frontend Development with React JS

Di kelas ini, Anda bisa mendapatkan:

  • Akses materi video recording SELAMANYA
  • 10x Sesi LIVE bersama mentor professional
  • Project REAL CASE
  • E-Certificate
  • …dan masih banyak lagi!

Yuk wujudkan impian menjadi Frontend Engineer bersama ALTA.id! Untuk mengikuti kelasnya, Anda bisa langsung mendaftarkan diri di sini yaa.

Selamat belajar dan semoga membantu!

Leave a Reply