Hacktoberfest: Apa dan Bagaimana Cara Ikutan?

Hacktoberfest: Apa dan Bagaimana Cara Ikutan?
','

' ); } ?>

Memasuki bulan Oktober, Hacktoberfest mulai banyak dibicarakan oleh para developer. Tidak sedikit juga yang sudah mulai berpartisipasi dalam event tahunan ini. Wajar saja, Hacktoberfest memang memberikan wadah bagi para developer untuk berkontribusi dan berkarya.

Namun, apa sebenarnya Hacktoberfest? 

Kontribusi dan karya seperti apa yang diterima?

Yuk kita bahas!

Apa Itu Hacktoberfest?

Hacktoberfest adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh DigitalOcean. Acara ini hadir di setiap bulan Oktober dan berlangsung satu bulan penuh. Maka dari itu, namanya menjadi Hacktoberfest.

Acara yang sudah memasuki tahun ke-8 ini bertujuan untuk mengajak siapapun berkontribusi pada projek open source. Namun, projek open source yang seperti apa?

Jawabannya: Bebas.

Anda bisa membuat projek itu sendiri dan membagikannya kepada orang lain agar mereka bisa berkontribusi. Hal ini juga berlaku sebaliknya. 

Tenang, Anda tidak perlu jago coding kok. Yang paling penting adalah kemampuan menggunakan GitLab dan Github. Untuk yang satu ini akan dibahas lebih lanjut di bagian cara mengikuti Hacktoberfest ya. Jadi pastikan Anda membaca sampai akhir!

Selain itu, acara ini juga menghargai para peserta yang telah berkontribusi. Mereka membagikan T-Shirt limited edition untuk 50.000 kontributor tercepat! Namun, Anda juga bisa loh memilih hadiah lain, yaitu menanam pohon di hutan Digital Ocean dengan nama Anda. Lebih ramah lingkungan ya pastinya!

Bagaimana Cara Berpartisipasi?

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui apa itu Hacktoberfest. 

Lalu, bagaimana cara mengikutinya?

Pertama, Anda perlu mendaftarkan diri di situs resmi Hacktoberfest. Caranya adalah dengan mengklik tombol “Start Hacking” seperti gambar di bawah ini.

Button Hacktoberfest

Kedua, Anda bisa memilih untuk menggunakan akun GitHub atau GitLab. Inilah kemampuan yang sebelumnya disebutkan. Karena, kedua akun ini yang akan digunakan untuk mengikuti acara ini. Jika Anda belum punya akunnya, bisa langsung membuat terlebih dahulu, ya.

Setelah itu, Anda akan diminta mengisi data diri. Mulai dari email, lokasi, dan peran Anda dalam acara ini. Nantinya, akan ada 3 pilihan sebagai berikut:

  • Participant
  • Maintainer
  • Event Organizer

Participant artinya Anda hanya berpartisipasi saja. Sedangkan Maintainer berperan seperti admin yang memantau projek open source. Sementara itu, Event Organizer artinya penyelenggara acara sebagai bentuk kontribusi pada Hacktoberfest.

Jika Anda sudah selesai mengisi seluruh data diri, jangan lupa untuk membaca persyaratan apa saja yang perlu Anda ikuti. Setelah itu, Anda bisa mengklik tombol “Start Hacking” yang akan muncul di layar Anda.

Setelah profil Anda selesai dibuat, Anda bisa langsung melakukan 4 pull requests di akun Gitlab atau Github. Pastikan pull requests ini tidak Anda lakukan secara asal-asalan ya. Anda bisa mempelajari lebih lanjut tipe pull requests yang dianggap kurang berkualitas di sini.

Nah, kira-kira, seperti itu cara mengikuti acara Hacktoberfest. Mudah sekali, bukan? Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi halaman FAQ Hacktoberfest

Semoga membantu dan happy hacking!

Leave a Reply