Chat GPT, Chat Bot Pintar Saingan Google?

Chat GPT, Chat Bot Pintar Saingan Google?
','

' ); } ?>

Chat GPT adalah chatbot pintar besutan perusahaan riset yang berfokus pada tujuan untuk mengembangkan kecerdasan buatan / artificial intelligence (AI), OpenAI. Chat GPT dapat memahami dan membuat teks dengan cara yang sama seperti manusia melalui teknik pembelajaran mesin dan deep learning untuk memahami konteks dan makna dari suatu percakapan atau pertanyaan, dan membuat jawaban yang sesuai. 

Chat GPT dilatih dengan big data, sehingga ia memiliki kemampuan untuk memahami dan berbicara tentang berbagai topik, mulai dari ilmu pengetahuan, teknologi, hiburan, sosial, dan lainnya.

Penasaran apa saja kegunaan, cara mengakses, cara kerja, hingga kelebihan dan kekurangan Chat GPT? Simak artikel ini sampai habis untuk tahu semua informasi tersebut!

Cara Mengakses Chat GPT

Untuk bisa mengakses ChatGPT ini sangat mudah. Kamu hanya perlu membuat akun dan setelah itu kamu bisa menjajal canggihnya chatbot. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengakses ChatGPT:

  1. Buka link Chat GPT

2. Pilih log in atau sign up. Kamu bisa langsung pilih log in lewat Google atau Microsoft Account supaya lebih cepat

3. Setelah berhasil masuk, kamu sudah bisa langsung menggunakan ChatGPT

Selain mengakses ChatGPT melalui website OpenAI, kamu juga bisa mengaksesnya lewat beberapa cara lainnya, beberapa di antaranya adalah melalui platform yang terintegrasi secara langsung dengan ChatGPT, contohnya adalah Discord dan Slack. Beberapa aplikasi pun support untuk pemakaian ChatGPT, sehingga kamu akan lebih mudah mengaksesnya hanya dengan mengunduhnya saja.

Saat ini ChatGPT juga menyediakan fitur berbayar untuk perusahaan atau instansi yang membutuhkan. Dengan menggunakan ChatGPT berbayar, perusahaan akan mendapatkan fasilitas yang lebih dibandingkan pengguna lainnya yang menggunakan ChatGPT gratis. Namun sayangnya fitur ChatGPT berbayar ini cukup mahal, sehingga memerlukan perencanaan anggaran yang lebih matang sebelum memutuskan untuk menggunakan fitur berbayar.

Kegunaan Chat GPT

ChatGPT mempunyai segudang kegunaan yang sangat potensial apabila digunakan dengan sesuai karena chatbot ini dapat menjawab pertanyaan atau perintah menggunakan bahasa natural selayaknya manusia. Lalu apa saja kegunaan atau fungsi ChatGPT?

1. Chatbot

Fungsi chatbot dapat digunakan perusahaan untuk menjawab pesan atau mengatasi permasalahan pelanggan, sehingga ChatGPT di sini berperan sebagai customer service.

2. Text Generator

Dapat dimanfaatkan pada industri kreatif untuk menciptakan sebuah output berbentuk teks atau tulisan seperti menulis puisi hingga mengarang cerita.

3. Video Generator

ChatGPT juga dapat dimanfaatkan sebagai voice generator untuk menghasilkan suara buatan yang mengikuti sesuai dengan teks yang diberikan. Fungsi ini berguna untuk membuat konten yang memerlukan output berupa suara.

4. Translator

Perlu menerjemahkan suatu artikel atau kalimat dari bahasa asing ke Bahasa Indonesia? Tenang! ChatGPT bisa melakukannya untukmu! Fitur ini menjadikan ChatGPT berguna dalam urusan bisnis internasional.

5. Memberikan Informasi

Jika kamu ingin mencari tahu tentang sesuatu tapi terlalu malas untuk membaca artikel satu persatu melalui mesin pencari, kamu bisa langsung menanyakannya kepada ChatGPT. Ia mampu menjawab pertanyaanmu dengan memberikan informasi yang akurat baik secara lengkap dan detail maupun ringkas. Tergantung dari permintaanmu.

6. Coding

Iya, kamu nggak salah baca. ChatGPT memang bisa digunakan untuk menyusun kode pemrograman sesuai dengan apa yang kamu perintahkan. Banyak orang yang sudah membuktikan kemampuan ChatGPT untuk menyusun kode pemrograman, salah satunya adalah pengguna Twitter dengan username @rowancheung yang membagikan pengalamannya mencoba coding menggunakan ChatGPT untuk membuat kalkulator dalam bahasa pemrograman Python.

http://twitter.com/rowancheung

Cara Kerja Chat GPT

freepik.com

ChatGPT bekerja dengan menggunakan teknik deep learning untuk bisa menghasilkan dan memproses bahasa natural seperti manusia.. Prosesnya terdiri dari beberapa langkah, yaitu:

  1. Enkode Pertanyaan: Pertanyaan yang diterima oleh ChatGPT dikonversi menjadi representasi matematis menggunakan tipe encoder seperti Transformer.
  2. Generate Prediksi: Dengan menggunakan encoder tersebut, ChatGPT akan membuat prediksi jawaban dengan memproses data training yang diterima selama proses pelatihan.
  3. Decode Jawaban: Prediksi jawaban tersebut kemudian dikonversi kembali menjadi teks menggunakan decoder.
  4. Ranking dan Seleksi: Dalam beberapa kasus, ChatGPT mungkin membuat beberapa jawaban. Untuk menentukan jawaban yang paling sesuai, ChatGPT menggunakan algoritma ranking dan seleksi yang menilai kecocokan dan relevansi jawaban terhadap pertanyaan.

Dengan demikian, ChatGPT bekerja dengan mengolah input pertanyaan menjadi representasi matematis, memproses representasi tersebut menggunakan data training yang diterima selama pelatihan, dan menghasilkan jawaban yang sesuai.

Kelebihan dan Kekurangan Chat GPT

unsplash.com

Di tengah segudang kelebihan dan kecanggihan ChatGPT, ternyata tetap saja chatbot buatan OpenAI itu masih mempunyai beberapa kekurangan. Apa sajakah kelebihan dan kekurangannya? Yuk kita bahas satu persatu!

Kelebihan

1. Mampu Memproses Selayaknya Bahasa Manusia

Chat GPT dapat memahami bahasa manusia dan membuat jawaban yang sesuai dengan pertanyaan. Ini membuat ChatGPT sangat berguna dalam aplikasi seperti customer service, dimana Chat GPT dapat membantu menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat dan akurat.

2. Dapat Mengenali Konteks Dengan Baik

Chat GPT memiliki kemampuan untuk memahami konteks pertanyaan, sehingga hal ini memungkinkan ChatGPT untuk membuat jawaban yang sesuai. Ini adalah alasan mengapa Chat GPT bisa lebih akurat dalam memberikan jawaban dan meminimalisir risiko memberikan jawaban yang salah.

3. Bisa Melakukan Personalisasi

ChatGPT dirancang untuk dapat dikonfigurasi memahami dan membuat jawaban yang sesuai dengan gaya bahasa, topik, dan kebutuhan spesifik. Tergantung dari bagaimana pertanyaan atau chat yang diterima.

4. Dirancang Menggunakan Big Data

ChatGPT dirancang dengan menggunakan big data yang membuatnya memiliki kemampuan untuk memahami bahasa dan membuat jawaban yang lebih baik.

Kekurangan

1. Risiko Plagiarisme Mengintai

ChatGPT memiliki kemampuan untuk membuat jawaban yang mirip dengan teks yang ada sebelumnya. Hal ini membuat risiko terdeteksinya plagiarisme.

2. Tidak Mampu Memberikan Respon Emosional

Chat GPT tidak memiliki perasaan emosi dan empati, sehingga ia  tidak dapat memahami perasaan dan situasi yang dialami oleh orang lain. Ini membuat ChatGPT kurang berguna dalam aplikasi yang membutuhkan interaksi emosional dan personal.

3. Kemampuan Yang Cukup Terbatas

Meskipun ChatGPT memiliki kemampuan yang sangat baik dalam memahami dan membuat jawaban, ia memiliki kemampuan yang terbatas dalam melakukan perintah lainnya seperti memproses gambar dan video.

Kesimpulan

freepik.com

Tidak dapat dipungkiri jika Chat GPT mempunyai banyak keunggulan yang sangat mempermudah kita dalam melakukan kegiatan yang berhubungan dengan digital atau teknologi. Dengan sejuta kemampuan luar biasa yang dimilikinya, Chat GPT dianggap sebagai pesaing Google yang mampu menggeser posisi Google. 

Namun perlu diingat bahwa ChatGPT dan Google merupakan 2 hal yang berbeda. Fungsi dan cara kerjanya pun berbeda. ChatGPT adalah chatbot AI yang didesain untuk memahami bahasa manusia dan membuat jawaban berdasarkan data yang sudah dirancang sedemikian rupa. Sementara Google adalah mesin pencari yang membantu menemukan informasi di internet. 

Walaupun ChatGPT memiliki kemampuan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan dengan cepat dan akurat, ia masih belum mampu menyaingi Google dalam hal skalabilitas dan kemampuan mengakses informasi dari seluruh internet. Selain itu, Google juga memiliki infrastruktur yang sangat besar dan didukung oleh teknologi canggih untuk membantu menemukan informasi yang relevan dengan cepat dan akurat.

Semoga artikel ini membantu!

Leave a Reply