Belajar PHP Untuk Pemula

Belajar PHP Untuk Pemula
Photo by Ben Griffiths on Unsplash
','

' ); } ?>

Tertarik belajar PHP, tapi ragu karena banyak teknologi baru?

Jangan khawatir. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. 

Buktinya, PHP masih masuk ke urutan 10 besar pada survey Stack Overflow 2021. Tepatnya, PHP ada di kategori bahasa pemrograman, scripting, dan markup yang paling sering digunakan oleh professional developers.

Terlebih lagi, banyak loh lowongan developer yang mengharuskan kemampuan PHP. Per hari ini, ada sekitar 780+ lowongan di job portal Indonesia. Wah, banyak banget, kan? 

Intinya, PHP masih relevan kok saat ini. Jadi Anda tidak perlu ragu lagi untuk menguasai bahasa pemrograman yang satu ini.

Nah, sebelum belajar PHP, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu pengertian, kelebihan, dan kegunaannya. Setelah itu, Anda bisa mulai belajar PHP. Semua poin tersebut akan dibahas nih di artikel ini.

Yuk simak pembahasannya melalui poin-poin berikut!

Pengertian PHP

Apa itu PHP?

Pastinya bukan pemberi harapan palsu, ya. PHP di sini adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor. Bahasa pemrograman yang satu ini sifatnya open source. Artinya, PHP bebas digunakan, dimodifikasi, dan dikembangkan oleh siapapun sesuai kebutuhan masing-masing.

Selain itu, PHP adalah bahasa pemrograman yang bersifat server side scripting

Apa artinya?

Artinya, script yang dihasilkan oleh PHP akan dieksekusi di sisi server. Hal ini berbeda dengan client side, di mana source code bisa diakses oleh klien. Sedangkan kode dari PHP hanya bisa diketahui dari sisi server. 

Biasanya, server side scripting digunakan untuk membuat halaman website yang dinamis. Begitu juga dengan PHP.

Namun, sebelum kita membahas lebih lanjut tentang kegunaan PHP, mari kita ketahui dulu kelebihannya. Dengan begitu, Anda akan lebih yakin untuk belajar PHP.

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Kelebihan PHP

1. Sederhana dan Mudah Dipelajari

PHP adalah bahasa yang user-friendly. Begitu juga untuk pemula. Hal ini memudahkan siapapun untuk belajar PHP. 

Diluncurkan lebih dari 20 tahun yang lalu, PHP memiliki syntax yang sederhana. Strukturnya juga mudah dipahami dan digunakan. 

Selain itu, bahasa yang satu ini mirip dengan bahasa pemrograman C. Jadi, jika Anda sudah memiliki dasar pemahaman C sebelumnya, Anda akan jauh lebih mudah belajar PHP.

2. Portable dan Fleksibel

Apa yang dimaksud dengan Portable dan Fleksibel pada bahasa pemrograman?

Portable artinya bahasa tersebut dapat digunakan di berbagai sistem operasi. Contohnya seperti Windows, Mac OS, Linux, UNIX, dan sebagainya. Intinya, mereka tidak terikat dengan suatu platform. Nah, PHP merupakan bahasa yang bersifat portable. Jadi, jika Anda belajar PHP, Anda bisa menggunakannya di manapun.

Lalu, bagaimana dengan fleksibel?

Pernahkah Anda terpikir untuk menggabungkan beberapa bahasa pemrograman? Nah, hal tersebut dapat diwujudkan oleh PHP. Anda bisa mengkombinasikan PHP, Java, maupun bahasa lainnya.

Menarik, bukan?

Dengan begitu, hasil dan waktu pengembangan aplikasinya pun akan menjadi lebih efisien. 

3. Komunitas yang Besar

Umur yang tua memang berpengaruh pada bahasa pemrograman. Tepatnya di sisi komunitas. 

Jika Anda belajar PHP, Anda akan menemukan komunitas yang besar. Tidak perlu khawatir jika Anda memiliki kesulitan. Anda cukup bertanya ke komunitas tersebut untuk menemukan jawabannya. 

Sebagai contoh, ada sebuah situs bernama PHP The Right Way. Di sana, Anda bisa menemukan segala hal tentang PHP. Bahkan, mereka menerjemahkan dokumen tersebut ke dalam berbagai bahasa, termasuk Indonesia. 

Dengan ini, proses belajar PHP akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan bagi para pemula.

Kegunaan PHP

Pengertian dan kelebihan PHP sudah Anda ketahui.

Lalu, bagaimana dengan kegunaannya? Apa saja yang sebenarnya bisa dilakukan oleh PHP? 

Mari kita bahas satu per satu di bawah ini.

1. Tema dan Plugins Website

Pernah dengar WordPress

Mayoritas orang pastinya pernah mendengar bahkan menggunakan WordPress. Tidak terkecuali dengan Anda. 

WordPress adalah sebuah platform untuk mengembangkan website. Kabar menariknya, platform tersebut dibuat dan dikembangkan menggunakan PHP.

Fitur apa saja yang berbasis PHP?

Sesuai yang Anda lihat pada judul bagian ini, fitur tersebut adalah tema dan plugins. Kegunaan PHP yang satu ini sebenarnya sudah tidak asing. Anda bisa melihat sendiri kesuksesan WordPress sebagai penyedia platform pembuatan website.

2. Situs E-Commerce

Anda pastinya tahu Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak, kan?

Ketiga brand di atas termasuk E-Commerce. Jika Anda belajar PHP, Anda bisa membuat situs E-Commerce seperti itu juga. 

Tidak hanya Java atau Javascript, PHP juga terkenal dalam pengembangan situs E-Commerce. Terlebih lagi, proses pengembangannya akan lebih cepat dan mudah. Mengapa begitu?

Anda tidak perlu menulis kode dari nol lagi. Cukup menggunakan framework PHP untuk web development. Contohnya seperti CakePHP, CodeIgniter, dan Symfony. Lebih praktis, bukan?

3. Cloud Computing

Fleksibilitas PHP dapat dibuktikan di sini. Selain fleksibel untuk dikombinasikan dengan bahasa lain, PHP juga dapat digunakan untuk menghubungkan cloud computing pada aplikasi web.

Namun, apa itu Cloud Computing?

Cloud Computing adalah pengolahan daya komputasi yang bergantung pada internet. Kedengarannya memang sedikit sulit untuk dicerna. Intinya, Anda bisa menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya melalui jaringan internet.

Dengan Cloud Computing, tidak perlu ada aplikasi yang perlu diunduh. Anda bisa bertukar informasi antarperangkat selama ada jaringan internet.

Nah, Anda bisa menghubungkan Cloud Computing pada aplikasi web jika Anda belajar PHP. 

Salah satu contoh yang bisa kita lihat adalah Spotify. Platform streaming musik tersebut menggunakan bahasa PHP. Anda bisa memutar sebuah lagu pada aplikasi web Spotify di browser Anda. Sementara itu, Anda bisa menghentikan lagu tersebut dari smartphone Anda jika terhubung dengan jaringan internet.

Dari kegunaan dan kelebihan PHP yang sudah dijelaskan di atas, pasti muncul sebuah pertanyaan, yaitu “Bagaimana cara belajar PHP?” Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Bagaimana Cara Belajar PHP?

Ada dua cara yang bisa Anda pilih, yaitu belajar mandiri atau dibimbing oleh mentor. Kedua cara tersebut tidak ada yang benar dan salah. Semuanya kembali ke pilihan dan preferensi masing-masing. 

Jika Anda ingin belajar PHP sendiri, itu tidak menjadi masalah. Kita tahu bahwa PHP adalah bahasa yang mudah untuk dipelajari pemula. Terlebih lagi jika Anda sudah memiliki pemahaman akan bahasa C. Anda juga bisa mengikuti tips belajar coding otodidak agar lebih siap belajar PHP.

Lalu, bagaimana dengan cara kedua?

Belajar PHP dengan dibimbing mentor juga efektif. Anda bisa mencari bootcamp IT yang menyediakan kelas pelatihan PHP. Atau, Anda bisa mencari mentor dari komunitas yang bersedia untuk membimbing Anda.

Kesimpulan

Nah, di atas adalah pengertian, kelebihan, dan kegunaan PHP. Anda juga bisa memilih cara untuk belajar PHP yang lebih efektif untuk Anda. 

Sekarang, Anda tidak perlu ragu lagi untuk belajar PHP. Bahasa ini terbukti masih relevan. Perihal jenjang karir pun tidak perlu Anda khawatirkan. Masih banyak lowongan yang membutuhkan developer pengguna PHP. 

Semoga membantu dan happy coding!

Leave a Reply