Kelebihan Bahasa Pemrograman Python

Kelebihan Bahasa Pemrograman Python
','

' ); } ?>

Saat ini, terdapat banyak bahasa pemrograman di dunia. Angkanya kira-kira mencapai 700. Namun, di antara ratusan bahasa pemrograman tersebut, hanya ada lima puluh saja yang paling sering digunakan. Salah satunya adalah bahasa pemrograman Python. 

Python adalah bahasa pemrograman yang dibuat di Belanda. Pembuatnya bernama Guido van Rossum. Bahasa ini diciptakan dan mulai dikembangkan pada tahun 1989. Namun, Python baru dirilis dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1991.

Sejak saat itu, Python menjadi bahasa pemrograman yang sangat terkenal. Kepopuleran Python tidak terlepas dari kelebihan-kelebihannya. Python memiliki fitur-fitur yang membuat developers gemar menggunakannya. 

Pada artikel ini, Anda akan mempelajari kelebihan bahasa pemrograman Python. Hal ini akan sangat bermanfaat jika Anda ingin belajar Python

Simak pembahasannya melalui poin-poin berikut ini.

Seberapa Populer Bahasa Pemrograman Python

Logo Bahasa Pemrograman Python
(Source: Flaticon)

Dari lima puluh bahasa pemrograman yang paling sering digunakan, Python adalah salah satunya. Hal ini juga dapat kita temukan pada survei yang dilakukan oleh Stack Overflow pada tahun 2020. 

Pada survei tersebut, Python menempati urutan keempat. Hanya berbeda tiga posisi dari Javascript sebagai bahasa pemrograman nomor satu yang paling sering digunakan oleh developers

Meskipun telah banyak dipakai, banyak developers yang memilih untuk menggunakan bahasa lain. Akan tetapi, mereka tetap tertarik untuk belajar Python. Survei yang dilakukan oleh Stack Overflow pada tahun 2020 juga membuktikan hal ini. 

Dalam kategori lain, Python menempati urutan pertama. Kategori ini berisi tentang bahasa pemrograman yang tidak digunakan oleh developers tetapi banyak diminati. Python sukses menempati posisi pertama selama empat tahun berturut-turut. 

Kedua survei di atas cukup membuktikan bahwa Python adalah bahasa pemrograman yang sangat populer. Tentunya, hal ini didukung oleh kelebihan-kelebihan Python yang akan dibahas pada bagian selanjutnya.

Kelebihan Bahasa Pemrograman Python

Python adalah bahasa pemrograman yang banyak diminati oleh developers. Selain itu, Python juga disukai oleh banyak perusahaan untuk mengembangkan produk-produknya. 

Kepopuleran Python didorong oleh keunggulan bahasa pemrograman tersebut. Berikut adalah beberapa kelebihannya.

1. Struktur Sintaksis Yang Sederhana

Bahasa pemrograman Python memiliki struktur sintaksis yang sederhana. 

Sintaksis milik Python mirip dengan bahasa Inggris. Hal inilah yang membuat bahasa pemrograman tersebut menjadi lebih mudah untuk dibaca, dipahami, dan ditulis. Bahkan hal tersebut juga berlaku bagi pemula.

Python memiliki lebih sedikit tanda baca dan simbol. Kode-kodenya sangat sederhana. Hal ini berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain.

Mari kita coba bandingkan dengan Java.

Untuk menghasilkan tulisan “Hello, World!”, bahasa pemrograman Java membutuhkan kode yang cukup rumit. Contohnya seperti di bawah ini.

public class Main
{
     public static void main(String[] args){
          System.out.printIn(“Hello, World!”);
     }
{

Lain ceritanya jika Anda menggunakan Python. Tulisan “Hello, World!” dapat dihasilkan hanya dengan menuliskan kode-kode singkat sebagai berikut.

print(“Hello, World!”)

Dari perbandingan di atas, dapat dilihat bahwa Python tidak membutuhkan perintah yang rumit. Anda dapat mempelajari bahwa Python memang memiliki struktur sintaksis yang lebih sederhana daripada bahasa pemrograman lainnya.

2. Bahasa Pemrograman Yang Portabel

Setiap program atau sistem membutuhkan bahasa pemrograman yang berbeda. Biasanya, seperti itulah kasusnya. 

Namun, jika Anda menggunakan Python, hal itu tidak akan terjadi. Misalnya, Anda sedang menulis kode dengan bahasa pemrograman Python untuk sistem operasi Mac. Lalu, Anda ingin menjalankan kode tersebut pada Windows dan Linux. Hal ini sangat mungkin untuk dilakukan.

Dengan Python, Anda tidak perlu menulis kode berulang kali. Anda cukup menulisnya satu kali dan menjalankannya pada sistem operasi apapun.

Namun, terdapat satu syarat. Anda perlu memastikan bahwa Anda tidak memasukkan kode atau fitur-fitur yang terikat dengan sebuah sistem. Jika dilakukan, maka sistemnya akan error.

3. Pustaka Python Yang Luas

Jika berbicara tentang Python, bahasan tentang pustaka atau library nya tidak boleh terlewatkan. Hal ini karena Python memiliki pustaka standar yang sangat luas. 

Pustaka Python menawarkan berbagai fasilitas. Anda bisa mempelajari selengkapnya lewat The Python Standard Library

Jika Anda menggunakan Python, pekerjaan Anda akan sangat terbantu. Hal ini karena Anda tidak perlu menulis kode sendiri untuk setiap perintah. Anda dapat memanfaatkan pustaka Python tersebut. 

Selain itu, Python juga menawarkan banyak komponen tambahan. Contohnya seperti modul dan frameworks yang dapat Anda akses melalui Python Package Index.

4. Bahasa Yang Diterjemahkan

Python disebut-sebut sebagai interpreted language. Apa artinya sebutan ini?

Kalau Anda menggunakan Python, kode-kode yang Anda tuliskan akan langsung diterjemahkan lewat baris per baris. Hal ini juga didukung oleh struktur sintaksisnya yang sederhana seperti pada pembahasan pertama.

Ketika kode-kode tersebut dieksekusi, processor akan langsung menerjemahkannya ke dalam bahasa yang Anda mengerti. Hal ini membuat Python menjadi lebih mudah untuk dibaca dan dipahami.

Selain itu, Python juga akan memberikan pesan error pada setiap baris. Sehingga, jika Anda salah menuliskan kode, Anda akan langsung mengetahui letak kesalahan Anda. 

Hal tersebut berbeda dengan bahasa pemrograman C. Jika Anda menggunakan bahasa tersebut, Anda baru akan mendapatkan pesan error setelah semua kode selesai dituliskan. Tentunya hal tersebut membuat pekerjaan menjadi lebih berat.

5. Bersifat Open Source

Sama seperti Golang, bahasa pemrograman Python juga bersifat open source. Lisensi open source ini telah disetujui oleh OSI (Open Source Initiative). Lisensi ini juga diatur oleh Python Software Foundation.

Ketika sebuah bahasa pemrograman bersifat open source, ini artinya bahasa tersebut bebas untuk digunakan, dikembangkan dan didistribusikan. Hal tersebut berlaku untuk penggunaan personal maupun komersial.

Sifat Python yang open source ini sangat bermanfaat bagi kelebihan Python yang akan dibahas selanjutnya.

6. Memiliki Komunitas Yang Luas

Python memiliki cakupan komunitas yang sangat besar, baik di dunia maupun di Indonesia sendiri. Sifatnya yang open source memberikan kesempatan bagi banyak orang untuk turut mengembangkan bahasa tersebut. 

Dalam situs resminya, kita dapat melihat bahwa Python mendukung siapa saja untuk bergabung ke dalam komunitas. Dengan adanya komunitas ini, Anda akan sangat terbantu jika menggunakan Python. 

Jika Anda menemukan kesulitan saat menggunakan Python, Anda bisa bertanya kepada teman-teman komunitas. Hal ini karena terdapat banyak developer yang memiliki keinginan untuk berkontribusi terhadap pengembangan Python.

Kesimpulan

Dari enam poin di atas, wajar jika bahasa pemrograman Python menjadi sangat populer sejak pertama kali dikembangkan. Strukturnya yang sederhana memudahkan orang untuk mempelajarinya, bahkan untuk pemula. 

Selain itu, Python juga memiliki perpustakaan yang luas. Hal ini akan sangat membantu Anda sebagai seorang developer. Jika Anda kesulitan menggunakan Python, Anda juga akan dibantu dengan komunitas Python yang luas. Singkatnya, Python merupakan bahasa pemrograman yang patut untuk dipelajari. 

Jika Anda akan atau sedang belajar Python, pastikan Anda mencoba untuk membuat program Python ya. Praktek tentunya akan sangat bermanfaat bagi proses belajar Anda.

Semoga membantu!

Leave a Reply