Bahasa C++ adalah: Pengertian dan Manfaat

Bahasa C++ adalah: Pengertian dan Manfaat
','

' ); } ?>

Bagi Anda yang tertarik belajar bahasa pemrogaman Anda harus mempertimbangkan belajar bahasa ini. Bahasa C++ adalah bahasa yang digunakan untuk membuat berbagai aplikasi yang memiiliki tingkatan yang cukup tinggi. Namun, umumnya bahasa ini dipelajari untuk pemula karena dengan mempelajari bahasa C++ Anda akan semakin mudah membangun karir menjadi seorang developer andal.

Pada artikel kali ini, Anda akan mempelajari dasar dari bahasa C++ mulai dari pengertian, perbedaan C dan C++, dan manfaat dari bahasa C++ itu sendiri.

Pengertian C++

Bahasa C++ adalah salah satu bahasa pemrogaman komputer yang paling populer di dunia dan  dapat digunakan untuk membuat berbagai aplikasi berkinerja tinggi (general-purpose programming language) seperti aplikasi games, browsers,  pengolah gambar, software gadget dan masih banyak lagi.

Dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup, bahasa ini merupakan pengembangan dari bahasa C. Bahasa C++ yang merupakan Object Oriented Programming (OOP) yang artinya C++ mempunyai data dan function yang bergabung dalam kelas dan objek yang sama untuk saling bekerjasama dalam memecahkan sebuah masalah. Pengubahan kode dalam hal ini akan menjadi lebih fleksibel, dikarenakan ketika Anda mengubah fungsi, Anda tidak perlu untuk mengubah keseluruhan dari program. Bahasa C++ merupakan bahasa pemrograman populer dan digunakan oleh perusahaan besar seperti Adobe dan Firefox.

Dalam penulisan kode C++, Anda memerlukan editor tool untuk dapat menuliskan kode pemrogaman dan compiler agar dapat menerjemahkan perintah kepada komputer. Dengan Integrated Development Environment (IDE) Anda bisa bekerja lebih efektif karena terdapat editor dan compiler yang tergabung dalam satu aplikasi. Eclipse dan Netbeans dapat menjadi aplikasi IDE yang dapat Anda gunakan karena ramah bagi pemula.

Hingga saat ini, bahasa C++ telah diperbarui sebanyak empat kali utama pada tahun C++11 (2011), C++14 (2014), C++17(2017), dan C++20 (2020). Bahasa C++ sendiri memberikan programmer tingkat kontrol yang tinggi atas sumber data dan memori sistem.

Perbedaan C dan C++

Dikarenakan C++ merupakan bahasa yang dikembangkan dari bahasa pemrogaman C, kedua bahasa ini memiliki sintaks dan struktur kode yang sama. Namun, kedua bahasa ini memiliki perbedaan utama. Pada bahasa C dan pada bahasa C++ ada pada dukungan pemrogaman berbasis object (object oriented programming), bahasa C++ dapat mendukung permrogaman dengan berbasis object, sedangkan bahasa C belum.

Bahasa C merupakan bahasa pemrogaman yang prosedural, yang mana data dan function terpisah dan harus dibaca satu persatu oleh compiler. Nantinya, apabila Anda ingin mengubah fungsi, Anda perlu mengubah keseluruhan program. Hal ini berbeda dengan C++ yang dimana Anda tidak perlu mengubah keseluruhan dari program.

Fitur dan Manfaat Bahasa C++

1. Object-oriented

Salah satu manfaat dan keuntungan terbesar dari C++ adalah fitur berbasis objek yang mencakup konsep-konsep seperti kelas, abstraksi data, dan sebagainya. Hal ini memungkinkan penggunaan kembali kode dan membuat program lebih dapat diandalkan. Selain itu, C++ dapat membantu Anda menangani masalah pada dunia nyata. Dengan memperlakukan data sebagai objek, dimana pada C tidak memiliki fitur ini karenanya terbukti fitur ini sangat penting.

2. Portabel

Bahasa C++ menawarkan fitur portabel atau independensi platform. Hal ini dapat memungkinkan pengguna untuk menjalankan program yang sama pada sistem operasi atau antarmuka yang berbeda dengan mudah. Contohnya, ketika Anda menulis sebuah program di Linux lalu terdapat beberapa alasan yang membuat Anda beralih ke Windows. Anda dapat menjalankan program yang sama di Windows juga tanpa ada kesalahan. Dengan fitur ini maka terbukti programmer akan lebih nyaman.

3. Mengatur memori dengan mudah

Bahasa C++ memberikan pemrogam penyediaan kontrol total atas manajemen memori. Dikarenakan bahasa C++ memiliki Dynamic Memory Allocation yaitu kemampuan untuk dapat mengatur memori dengan dinamis. Dengan adanya pengaturan tersebut, Anda akan lebih mudah mendapatkan memori tambahan saat program berjalan.

4. Memudahkan programmer beralih ke bahasa pemrogramaan lainnya

Bahasa C++ dekat dengan bahasa C# dan Java, maka hal ini dapat mempermudah programmer untuk beralih ke bahasa C++ atau sebaliknya. Selain itu, dengan mempelajari bahasa C++ maka akan lebih mudah bagi Anda untuk belajar bahasa pemrogaman lainnya sepertui Java, Python, dan sebagainya.

5. Manipulasi tingkat rendah

Dikarenakan C++ terkait erat dengan C, yang merupakan bahasa prosedural yang terkait erat dengan bahasa mesin, C++ memungkinkan manipulasi data tingkat rendah (low-level manipulation data) pada tingkat tertentu. Sistem dan compiler tertanam dibuat dengan bantuan C++.

Kesimpulan

C++ adalah salah satu bahasa pemrograman yang populer didunia. Beberapa poin di atas adalah hal yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan mulai belajar bahasa C++.

Dengan struktur bahasa yang jelas dikarenakan berorientasi objek, mempelajari bahasa pemrogaman C++ tidak terlalu sulit. Ditambah lagi Anda paham konsep dasar dan tool yang diperlukan, maka akan lebih mempermudah Anda untuk mempelajari C++.

Dengan skill bahasa C++ juga dapat Anda jadikan sebagai dasar sebelum belajar bahasa lainnya. Jika Anda merasa tertarik untuk mempelajari bahasa C++ atau ingin mulai mendalami bahasa pemograman lainnya, Anda dapat mencoba mengikuti pelatihan gratis maupun coding bootcamp seperti Immersive Program dari Alterra Academy!

Semoga membantu!

Leave a Reply