7 Aplikasi Belajar Coding di HP Untuk Pemula

','

' ); } ?>
source: unsplash

Kamu punya keinginan dan tekad yang bulat untuk menjadi programmer, tapi sayangnya kamu tidak mempunyai device yang memadai untuk belajar coding? Mau belajar coding di HP kayaknya nggak mungkin deh…

Eiittss… Tenang dulu dong jangan bersedih!

Di tengah kemajuan teknologi, kita dimanjakan dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan. Salah satunya adalah untuk kamu yang ingin mulai belajar coding, sekarang kamu bisa loh belajar coding di HP tanpa menggunakan device tambahan seperti PC atau laptop.

Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa kamu gunakan tergantung dari bahasa pemrograman yang ingin kamu pelajari. Kamu bisa mengaksesnya dari smartphone dengan sistem operasi Android maupun iOS. Dengan kemunculan berbagai aplikasi yang menunjang proses belajar coding di HP, kamu bisa belajar dari mana saja dan kapan saja, menarik sekali bukan? Penasaran apa saja aplikasinya? Yuk simak artikelnya sampai habis!

Untuk membangun experience membaca dengan mudah, artikel ini akan disusun berdasarkan daftar isi di bawah ini supaya lebih terstruktur dan nyaman untuk dibaca.

SoloLearn

sololearn.com

Aplikasi pertama untuk belajar coding di HP adalah SoloLearn. Aplikasi ini bisa diakses melalui beragam device seperti Android, iOS, maupun website. SoloLearn menyediakan beragam bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari, yaitu JavaScript, Phyton, Java, dan bahasa pemrograman lainnya. Meskipun aplikasi SoloLearn ini berbayar, kamu bisa mencoba free trial nya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membayar aplikasi ini secara bulanan atau tahunan.

Grasshopper

grasshopper.app

Grasshopper cocok untuk kamu yang tertarik belajar bahasa pemrograman JavaScript. Aplikasi ini mengajarkan kamu coding melalui puzzle JavaScript yang harus kamu susun untuk bisa menjalankannya. Aplikasi ini sangat mudah digunakan oleh pemula karena kamu dapat menggunakan blok untuk menyusun kodenya menjadi suatu urutan yang logis sehingga kode yang sudah disusun dapat berfungsi dengan baik.

Grasshopper bisa diakses melalui Android maupun iOS dan sudah tersedia di Google Play Store atau Apps Store. Kabar baiknya, kamu bisa mengakses Grasshopper secara GRATIS!

Programming Hub

programminghub.io

Programming Hub menyediakan berbagai pilihan bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari dengan memberikan pelajaran serta kursus interaktif secara ‘bite-sized’ sehingga cocok untuk pemula. Bahasa pemrograman yang tersedia sangat variatif, mulai dari Java, C++, C Programming, HTML, hingga JavaScript dan banyak bahasa pemrograman lainnya. 

Programming Hub merupakan hasil kolaborasi yang dikembangkan bersama Google experts, sehingga wajar saja jika aplikasi ini mendapatkan label sebagai Google Play’s Editor’s Choice App. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini melalui Google Play Store atau Apps Store.

Mimo

getmimo.com

Kamu tertarik untuk bisa membangun sebuah website? Aplikasi? Game? Atau bahkan menjadi hacker? Kamu bisa mempelajarinya melalui aplikasi Mimo yang tersedia di Android maupun iOS. 

Mimo akan menganalisis program dan materi pembelajaran seperti apa yang kamu butuhkan berdasarkan preferensi apa yang ingin kamu lakukan setelah menguasai coding. Aplikasi ini juga menyediakan latihan berbagai macam bahasa pemrograman yang populer seperti Java, JavaScript, Ruby, Swift, dan masih banyak lagi.

Programming Hero

programming-hero.com

Programming Hero adalah aplikasi yang menawarkan belajar coding di HP melalui cara yang unik dan menyenangkan, yaitu dengan melalui game. Goals utama dari aplikasi ini adalah membantu penggunanya untuk bisa membuat aplikasi gamenya sendiri. Aplikasi ini juga menawarkan fitur forum yang bisa kamu gunakan untuk mengobrol dengan pengguna lainnya sembari bertukar pengetahuan dan tips-tips coding.

Tetapi sayangnya penggunaan aplikasi Programming Hero saat ini masih terbatas hanya untuk pengguna Android saja.

Easy Coder

easycoder.io

Easy Coder adalah aplikasi Android yang fokusnya untuk memberikan pembelajaran eksklusif tentang Java. Aplikasi ini di fasilitasi dengan sistem pembelajaran interaktif yang akan diajarkan secara step by step, kuis, dan challenge programming yang akan mengajarkanmu bagaimana konsep programming dasar dan sebagai persiapan untuk kamu bisa mengembangkan skill yang lebih ter-upgrade lagi.

Proses belajar lewat aplikasi Easy Coder ini merupakan pembelajaran yang singkat, ringkas, dan compact. Sehingga kamu masih bisa tetap belajar meskipun sedang di perjalanan alias kamu bisa mengaksesnya kapanpun kamu mau. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan contoh praktis untuk memperjelas konsep pemrograman.

Tynker

tynker.com

Aplikasi yang terakhir adalah aplikasi untuk belajar coding di HP yang didesain untuk anak usia dini yang sengaja diarahkan atau memang sudah ada ketertarikan untuk menjadi programmer. Desainnya dibuat menarik seperti game supaya anak-anak nyaman dan menikmati selama proses pembelajaran. Tynker menawarkan berbagai macam pembelajaran mulai dari dasar-dasar robotik hingga berbagai bahasa pemrograman yang lebih canggih seperti JavaScript dan Python.

Menariknya aplikasi ini tidak hanya dibuat untuk anak-anak saja, tetapi juga untuk orang tua dan guru sehingga mereka bisa  membuat rencana pembelajaran selanjutnya bagi murid atau anak mereka.

Kesimpulan

Semua aplikasi di atas pada dasarnya merupakan aplikasi terbaik yang dikembangkan untuk mempermudah pemula coding selama proses pembelajaran. Namun, ada baiknya sebelum memutuskan untuk install aplikasi di atas, kamu mempertimbangkan bahasa pemrograman apa yang tertarik ingin kamu pelajari, apa yang ingin kamu lakukan setelah bisa menjalankan kodemu dengan baik, seperti apa metode pembelajaran yang kamu sukai, dan apakah kamu bersedia mengeluarkan budget lebih untuk belajar atau mau yang gratis saja. 

Selamat belajar, semoga membantu!

Leave a Reply